6 Penyakit yang Menular Melalui Ciuman Bibir



Ciuman bibir adalah salah satu aktifitas yang biasa dilakukan oleh semua orang sebagai wujud rasa sayang dan cinta. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa berciuman memiliki banyak manfaat baik itu bagi kesehatan maupun bagi keharmonisan hubungan. 



Sayangnya berciuman bibir kadang juga menjadi sumber penularan penyakit terutama jika dilakukan saat kondisi tubuh sedang lemah.

Ya berciuman melalui bibir memang mengasikkan bagi pasangan yang sedang dimabuk asmara. Ciuman membuat pasanga menjadi lebih intim dan lebih dekat satu sama lain. Tapi bagaimana berciuman bisa menjadi sarana penularan penyakit?

Seperti diketahui, di dalam mulut terutama di sela-sela gigi, gusi dan lidah adalah tempat hidup bermacam-macam bakteri. Mulut yang bau saat sedang berciuman adalah pertanda ada bakteri yang berkembang di dalam mulut.

 Beberapa kuman penyakit seperti herpes hidup dan berkembang di cairan tubuh seperti air liur, penularan air liur saat berciuman bisa menjadi sarana berpindahnya kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit.

Drg. Ardiansyah dalam sebuah acara Program Solusi Gigi Sehat mengatakan kebersihan rongga mulut perlu diperhatikan dengan baik terutama bila kita aktif melakukan ciuman bibir menggunakan bibir dan lidah seperti french kiss.

Ciuman basah dan dalam seperti itu berisiko besar menularkan penyakit jika kebetulan pasangan memiliki bakteri jahat atau virus di dalam tubuhnya.


Selain melalui mulut, penyakit juga bisa menular melalui bakteri yang ada di hidung. Saat berciuman, hidung akan berdekatan satu sama lain sehingga partikel-partikel kuman dan bakteri yang berukuran sangat kecil dengan mudah berpindah atau terhirup oleh pasangan.


Penyakit apa saja yang bisa timbul akibat ciuman bibir?
Semuanya tergantung daya tahan tubuh saat bakteri jahat memasuki tubuh. Daya tahan tubuh yang sedang lemah sangat memungkinkan bakteri yang masuk melalui ciuman mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

Saat kita berciuman
hot melalui bibir dan lidah, maka bakteri secara otomatis akan berpindah dengan bantuan air ludah (saliva).

Masalah besarnya adalah terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui kontak fisik ciuman seperti TBC, Hepatitis dan bahkan HIV


Berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa ditularkan melalui ciuman dari yang ringan sampai yang berat:

1. Flu
Flu mudah menyerang terutama kepada orang yang lemah daya tahan tubuhnya. Flu ditularkan melalui kontak fisik langsung dengan penderita, penularannya melalui pertukaran cairan seperti liur dari mulut atau lendir dari hidung.
Jika anda berciuman dengan penderita flu atau pilek maka virus akan berpindah tempat ke tubuh anda. Jika saat itu daya tahan tubuh anda sedang lemah maka bisa dipastikan anda akan segera menderita flu juga. Itulah sebabnya flu menjadi salah satu penyakit yang menular melalui ciuman bibir.

2. Glandular Fever
Penyakit ini paling sering dipicu saat melakukan
french kiss. Jenis ciuman ini sangat disukai banyak pasangan dimana bibir dan lidah saling bertemu dalam waktu yang cukup lama. Hati-hatilah melakukan french kiss, jangan melakukannya dengan sembarangan orang.
Glandular Fever sering juga disebut Mononucleosis yang menular melalui cairan tubuh seperti liur, lendir dan air mata. Ciuman dalam dan lama menyebabkan terjadinya pertukaran liur sehingga memungkinkan virus Mononucleosis berkembang pesat.
Pada umumnya penderita Glandular Fever adalah remaja atau siswa yang memiliki sistem imun yang masih rendah. Gejalanya adalah sakit pada tenggorokan, kepala sakit, demam, merasa cepat lelah, amandel bengkak dan nafsu makan rendah.

3. Herpes
Herpes adalah penyakit radang kulit yang menyebabkan munculnya gelembung-gelembung berisi air pada kulit penderita. Herpes umumnya muncul di mulut dan pinggang bagian atas. Herpes disebabkan oleh virus. Herpes yang menyerang mulut disebut Herpes Simplex dan munculnya seperti sariawan di bibir. Herpes adalah salah satu penyakit yang sangat mudah ditularkan

saat berciuman.
4. Hepatitis B
Hepatitis B disebabkan oleh virus dan bisa ditularkan melalui ciuman terutama jika terdapat luka di dalam mulut yang memungkinkan virus masuk ke dalam darah. Lebih baik hindari kontak langsung atau berciuman basah dan dalam dengan penderita hepatitis B.
5. Kutil
Kutil muncul karena adanya penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan. Kutil disebabkan oleh virus HPV yang memang menyerang kulit. Kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita seperti lewat ciuman bibir yang dalam.
6. Meningakokus
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan dapat mengancam jiwa penderita. Meningakokus meliputi radang selaput pada otak dan sumsum tulang belakang. Bakteri penyebab penyakit ini dapat berpindah melalui kontak langsung seperti saat berciuman atau melalui tetesan air liur penderita.
Berciuman bibir memang sangat disenangi oleh banyak pasangan muda, sayangnya model berciuman hot ini juga memiliki resiko terutama jika anda termasuk orang yang senang gonta ganti pasangan.
Ciuman bibir yang melibatkan lidah dan mulut, kemudian dilakukan cukup lama sangat berpotensi menyebabkan terjadinya pertukaran cairan liur ataupun lendir yang mengandung virus/bakteri. Inilah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit. demikian...