Rahasia Panjang Umur Kakek 95 Tahun:



Ankara - Seorang master yoga berusia 95 tahun dari Turki mengaku, dirinya masih menikmati kehidupan seks aktif. Ia bahjkan percaya bahwa semua orang bisa hidup hingga 130 tahun.

Dilansir dari IB Times, usia Karzim Gurbuz tahun ini berusia 1 abad, tepatnya 95 tahun. Meski demikian, pria kelahiran 1920 ini masih memiliki fisik prima seperti lelaki berusia 50 tahun.

Saat masih berusia 41 tahun, Kazim sempat divonis menderita lumpuh permanen. Namun berkat kegigihannya dalam berlatih dan menerapkan pola hidup sehat, Kazim justru punya harapan hidup lebih panjang dari orang kebanyakan.

"Ini adalah keajaiban dan saya benar-benar bersyukur. Tapi saya juga percaya jika kita menggunakan kekuatan otak dan diaplikasikan dengan benar, kita bisa meregenerasi sistem saraf dan otot kita," tutur Kazim.


masih sanggup melakukan gerakan yoga sulit
Sehari-hari, Kazim tetap rutin melakukan yoga. Di usianya yang sepuh, ia masih sanggup melakukan gerakan sulit, seperti pose bersimpul selama 48 jam, hingga menahan napas sampai 3-5 menit. Untuk aktivitas seksual, dirinya mengaku masih sanggup orgasme 3-5 dalam sehari.

Selain itu, Kazim juga rutin mengonsumsi minyak zaitun dan almond, lebih banyak mengonsumsi kacang pinto, paprika, lada, teh herbal, buah, sayuran, dan sup, serta menghindari daging, terutama daging merah.

Tiap pagi, Kazim menyempatkan diri untuk menempa fisiknya. Di musim dingin dia bermain ski. Dalam kesehariannya dia lebih suka udara alami daripada memasang AC.

"Hidup dimulai saat berusia 65 tahun. Jika memiliki niat, kita juga masih punya kesempatan untuk bisa hidup sampai 130 tahun. Lagipula setiap orang memiliki kekuatan yang bisa didayagunakan untuk mendapatkan tubuh sehat. Hal terpenting adalah nikmati hidup Anda dan aturlah pola hidup dengan sebaik mungkin," jelas Kazim. (Dsu/Ryc)