Penyakit Herpes Menular, Hati-hati Jika ke WC Umum



    Apa yang menyebabkan penyakit ini?Apakah penyakit ini menular? Bagaimana cara penularannya?Berbahayakah bagi wanita hamil?Bagaimana cara mengatasinya? Elin, Balikpapan.



1.Penyakit herpes gejalanya berupa gelembung-gelembung kecil berisi air, berkelompok, terasa nyeri dan pegal. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Ada 2 macam herpes yang diketahui manusia yaitu :
  • Herpes zoster. Penyebabnya adalah virus varisela zoster, yaitu virus penyebab cacar air. Herpes ini lokasinya pada badan dan hanya mengenai bagian tertentu dan sebelah saja. Bisa juga timbul di daerah kelamin. Penyebabnya karena penderitanya pernah cacar air sebelumnya.
  • Herpes simpleks.Penyakit ini tanpa pengobatan biasanya sering kambuh-kambuhan, terutama kalau daya tahan tubuh lemah antara lain karena stres emosi, kelelahan, kurang tidur, kurang makanan bergizi. Penyebabnya adalah virus herpes simpleks tipe 1 atau tipe 2.

Tipe 1, virusnya menyerang bagian atas badan, dada , wajah, mata, kepala, tapi dapat juga menyerang kelamin. Ditularkan melalui udara dan sentuhan, bukan dari hubungan seks.

Tipe 2, virusnya umumnya menyerang daerah kelamin, dan ditularkan melalui hubungan intim, ini yang disebut herpes kelamin. Herpes kelamin gejalanya lebih sering terlihat seperti lubang sariawan, bengkak, sangat nyeri sehingga sulit berjalan dan buang air kecil. Bisa juga mengenai mulut, atau anus, karena hubungan intim pada daerah ini. Herpes kelamin ini salah satu gejalanya adalah keputihan. Tapi bukan keputihan yang menyebabkan herpes.

Kalau ingin tahu lebih lanjut,  dapat meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan darah, sehingga dapat diketahui jenis virus herpes mana yang menyerang Ummi.

2.    Ya, semua jenis herpes adalah penyakit menular. Untuk penularan herpes kelamin terutama melalui hubungan seks, tapi bisa juga melalui sentuhan atau air di WC yang mengandung virus ini muncrat mengenai kelamin. Oleh sebab itu, kalau memakai WC umum, jangan lupa siram dulu dengan air sampai bersih, baru kita gunakan.

3. Wanita hamil yang menderita herpes kelamin, kalau tidak diobati, maka bisa membahayakan janin yang dikandungnya. Kalau terkena herpes pada awal masa kehamilan (sebelum 4 bulan), ada kemungkinan menyebabkan cacat pada bayi atau keguguran. Kalau munculnya penyakit menjelang kelahiran dan tidak diobati, maka bayi bisa tertular penyakit herpes ini.

4.    Cara terbaik menyembuhkan penyakit herpes dan jika penyakit herpes ini kambuh, segera berobat ke dokter, dan segera minum obat anti virus yang diberikan dokter, sebelum 36 jam sejak munculnya gelembung pertama di kelamin (atau terasa perih di kelamin ). Kalau sudah lebih dari 36 jam baru minum obat antivirus, maka virus sudah tidak lagi berada di dalam darah. Virus sudah masuk dan sembunyi ke dalam sel kulit dan  tidak bisa dijangkau oleh obat.

Konsultasikan saja dengan dokter yang merawat Ummi. Biasanya kalau untuk penderita yang sering kambuh herpesnya, dokter memberi 'bekal' obat antivirus untuk segera diminum begitu kambuh, sebelum kontrol ke dokter. Obat antivirus yang diberikan dan dosisnya tergantung keadaan pasien, bisa jenis asiklovir atau valasiklovir. 

Sebaiknya ketika herpes kambuh jangan melakukan hubungan suami istri sampai herpes sembuh. Untuk mencegah kambuh, hindari stres fisik maupun emosi, jangan kelelahan, jaga kebersihan daerah intim, jaga kesehatan badan keseluruhan dengan makan makanan bergizi, olahraga teratur dan cukup istirahat.

 BACA JUGA ;
  1. Menjaga Libido yang Turun Naik Setelah Lama Menikah
  2. Stroke & Hipertensi Gampang Dicegah Asal Doyan Makan Pisang
  3. Teori-teori yang Menjelaskan Ereksi Spontan di Pagi Hari
  4. Akibat Kurang Tidur, 6 Penyakit Seram Menanti
  5. Ciri-ciri Penis yang Sehat
  6. Memahami Sifat Pria dari Kebiasaannya Sebelum dan Sesudah Bercinta
  7. Tipe Wanita dan Teknik Bercinta
  8. Cara Mengencangkan Miss V Agar Selalu Aduhai bersama pasangan
  9. 6 (ENAM) KESALAHAN SUAMI DALAM BERHUBUNGAN SEKS
  10. Posisi Bercinta Kamasutra Sesuai Berat dan Ukuran Badan
  11. Posisi Bercinta yang Bisa Membuat Miss V Jadi Lebih Rapat
  12. Penis Besar Siapa Butuh????
  13. 5 Hal yang Membuat Wanita Marah Ketika Berhubungan Seks
  14. Malu Bicara Sesat Di Ranjang...
  15. Menjadi Better Kisser
  16. Hubungan Intim, Jangan Lupakan "Penutup"nya
  17. Ini Dia Perbedaan Fantasi Seks Pria dan Wanita
  18. Kalau Suami Kewalahan
  19. Menjaga Kesehatan vagina dengan Susu