Strategi Mengkritik Di Atas Tempat Tidur


Bersikap hati-hati saat membicarakan masalah seks memang diperlukan. Anda perlu melancarkan strategi tertentu agar pasangan tidak marah. Terlebih jika pembicaraan ini mengenai ‘kekurangannya’ seperti menyangkut soal durasi, kekuatan, ukuran, kebersihan tubuh, dan kinerja  mereka selama bercinta. Salah bicara bisa membunuh gairah mereka.


Bahasa tubuh lebih efektif daripada kata-kata. Sebetulnya, suami juga bisa merasakan jika performa dirinya kurang ok. Namun, untuk memulai membicarakannya, bisa jadi ia enggan.  Faktor malu dan terlihat lemah jadi hambatan utama. Karena itu, buatlah komunikasi tanpa kata (lihat boks: Biarkan Tubuh Bicara).

Ada beberapa kasus yang membuat Anda mau tak mau perlu membicarakannya secara jujur dan terbuka. Misalnya, ketika Anda diam-diam sudah mengarahkan agar ia tidak menstimulasi bagian intim secara berlebihan, tapi ia terus melakukannya  hingga Anda merasa sakit. Atau memang dirasa performa pasangan sudah membutuhkan bantuan pihak lain seperti dokter, psikolog, maupun androlog. Berikut hal yang penting Anda pahami:

    Bukan kritik, apalagi bertengkar. Tanamkan di hati bahwa pembicaraan ini semangatnya bukan mengkritisi atau memulai pertengkaran, tapi lebih untuk saling memahami agar mencapai hubungan intim yang diinginkan berdua.

    Kenali dulu tipikal suami. Apakah ia seorang yang dominan? Yang menganggap dia selalu paling benar dan bisa melakukan segalanya? Jika ya, jauhi pembicaraan terbuka. Tingkat ketersinggungan pada tipe seperti ini lebih tinggi. Gunakan bahasa tubuh.

    Lihat mood-nya. Ketika ia dibebani pekerjaan,  sedang lelah, atau sedang menderita sakit, rasanya bukan situasi yang tepat untuk membicarakannya.

    Gunakan kata-kata positif. Daripada membeberkan kesalahannya dalam bercinta, seperti mengatakan: “Saya tidak suka saat kamu melakukan…,” lebih baik Anda kreatif ungkapkan segala hal yang Anda suka saat ia melakukannya. “Aku suka  sekali kalau kamu melakukan…,” atau, “Aku senang jika kamu melakukan itu….”

    Berikan waktu. Jika terpaksa harus mengungkapkan hal negatif, jangan lakukan saat itu juga. Misalnya, ketika Anda tidak menyukai posisi bercinta yang sedang suami gemari, jangan langsung diungkapkan begitu permainan usai.

Berikan jeda waktu. Siapa tahu saat itu suami hanya sekadar coba-coba. Mungkin, hanya melihat reaksi tubuh Anda yang tidak seperti diharapkan, ia bisa memahami, tanpa Anda perlu mengungkapkannya.

Yuniarti Tanjung (Kontributor Jakarta)

BACA JUGA ;
  1. Menjaga Kesehatan vagina dengan Susu
  2. GELORA SEX 3 DEKADE
  3. "Sensasi Seks 'serangan fajar'
  4. Akibat Jika Kurang Bercinta
  5. Tunjukkan Cinta Tanpa Bicara, Begini Caranya!
  6. Para Istri....Ini Rahasia supaya di sayang suami
  7. Aksi Buah Dada Yang Pasti Memikat Suami Anda
  8. Enam Perbedaan Pengantin Baru dan Pengantin Lama
  9. Keharmonisan Ada, Justru Karena Kita Berbeda
  10. 20 RESEP MESRA SUAMI ISTRI
  11. Kata Kata Selamat Tidur untuk Kekasih, Suami, Istri dan Anak
  12. Manfaat Sinar Matahari
  13. Teknik Cara Mengatasi Ejakulasi Dini
  14. Posisi Bercinta Kamasutra Sesuai Berat dan Ukuran Badan
  15. Celah di Kulup
  16. Apakah Cuka Apel Bagus untuk Kesehatan?
  17. Air apa yang Cocok untuk Tubuh Kita?