Khasiat Buah Mengkudu


Siapa yang tak mengenal buah mengkudu? Mungkin hanya beberapa orang saja yang suka sama buah ini, sebab mengkudu ini memiliki bau yang tidak enak sekali. Meskipun baunya sangatlah tidak enak, buah yang satu ini mempunyai manfaat lho bagi kesehatan.

Seperti yang dijelaskan pada situs healthyeating.sfgate.com, adapaun beberapa manfaat buah mengkudu diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Daya tahan tubuh
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.
2. Analgesik
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.
3. Anti kanker
Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.
4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebab adanya kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus .
5. Menormalkan Tekanan Darah
Buah mengkudu juga dapat menurunkan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan adanya zat Fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Akibatnya jantung tersebut tidak dapat kerja keras, sehingga dapat menormalkan tekanan darah.
Khasiat Utama Buah Mengkudu
Riset tentang buah Mengkudu terus berkembang, baik dilakukan oleh para dokter maupun ahli botani dan ahli biokimia. Penelitian difokuskan pada komponen­-komponen/susunan kimia yang dikandung Mengkudu dan efek terapeutiknya terhadap berbagai macam penyakit.

Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa sari buah Mengkudu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel dan regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Fakta yang menunjukkan bahwa Mengkudu dapat mengatur sel-sel pada tingkat dasar dan kritis itu mungkin dapat menjelaskan mengapa Mengkudu dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi kesehatan.

Para dokter di Amerika sudah memberikan banyak laporan tentang keberhasilan penggunaan sari buah Mengkudu terhadap pasien-pasiennya. Dr. Richard Dicks (dari New Jersey, USA) mengatakan, "kami mulai menyadari bahwa kita harus kembali pada hal yang mendasar dari tubuh kita. Apa yang dimaksud dengan metabolisme dalam tubuh adalah membakar nutrisi. Sari buah Mengkudu melindungi tubuh kita dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh."

Khasiat-Khasiat Tambahan
Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengonsumsi sari buahnya. Beberapa problem kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan Mengkudu:
  1. Sistem pencernaan: Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah dan keracunan makanan.
  2. Sistem pernapasan: Batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.
  3. Sistem kardiovaskular: Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.
  4. Penyakit kulit: Luka bakar, luka, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, dan radang pada kulit, borok pada kulit, serta masalah-masalah pada kulit lainnya.
  5. Mulut dan tenggorokan: Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.
  6. Gangguan menstruasi: Sindrom pra-menstruasi, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada waktu haid.
  7. Awet muda: Sari buah Mengkudu dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi keriput akibat proses penuaan.
  8. Penyakit-penyakit dalam tubuh: Diabetes, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, gangguan pada hormon tiroid.
  9. Defisiensi daya tahan tubuh: Penyakit virus Epstein-Barr, candidiasis kronis, penyakit akibat infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=altered energy syndrome).

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa satu jenis tumbuhan seperti Mengkudu, dapat menyembuhkan begitu banyak jenis penyakit? Riset ilmiah menunjukkan bahwa konstituen-konstituen di dalam buah Mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor.
 
 
BACA JUGA;
  1. Tips Melakukan Posisi Seks Women On Top
  2. Pesona Seks...Woman on Top
  3. Manfaat Pertengkaran Dalam Rumah Tangga
  4. Seks Menurunkan Risiko Terserang Stroke
  5. Posisi Seks yang Berkhasiat Sama Dengan Olahraga
  6. 24 Cara Penyegaran Seks
  7. 10 Bonus Bagi Pencinta Seks
  8. 10 Buah Pembangkit Gairah Seks
  9. Cara Mengetahui Pasangan Sedang Berbohong
  10. CARA MEMPERBESAR PENIS : FAKTA VS TEORI
  11. Tips Berciuman yang Bisa Tingkatkan Kualitas Seks
  12. Cara Berciuman Yang Membuat Suami Puas
  13. Alasan untuk lebih banyak makan tomat
  14. Tanda-tanda Wanita Ingin Didekati
  15. Ukuran Penis dan Posisi Seks
  16. Jahe dan Dorongan Seks
  17. Penis Kecil, Bercinta Luar Biasa
  18. Posisi Seks Paling Berbahaya