Rahasia Manfaat secangkir kopi


 Minum kopi yang berlebihan, seperti yang dilansir oleh livestrong.com, dapat meningkatkan hormon stres kortisol dan juga membuat kita kecanduan kafein. Namun, minum kopi bisa jadi memberi Anda segudang manfaat, asalkan Anda membatasi kandungan gula dan krimnya.


Mencegah Batu Empedu
Peneliti di Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum kopi empat cangkir sehari berisiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu empedu.
Mencegah Depresi
Wanita yang minum tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena gangguan depresi. Temuan ini berdasarkan pada laporan pada tahun 2011 di "Archives of Internal Medicine".
Meningkatkan Daya Ingat
Kopi bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat Anda. Pada tahun 2005, sebuah penelitian di Radiological Society of North America menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minuman kopi bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek.
Mencegah Kanker Payudara
Konsumsi kopi bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker payudara, endometris, prostat, dan hati. Sebuah temuan di Swedia pada tahun 2008 menemukan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Selain itu, Edward Giovannucci seorang peneliti Harvard dalam penelitiannya yang dipublikasikan di "Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention" menyatakan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah-buahan dan sayuran.
Mencegah Terkena Diabetes
Asalkan tidak menambahkan gula atau krim ke dalam kopi, kopi bisa mencegah seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebuah laporan di "Journal of Agricultural & Food Chemistry" pada Januari 2012 lalu menyatakan bahwa efek dari kandungan dalam kopi bisa menghambat hIAPP, polipeptida yang bisa menyebabkan terjadi pembentukan serat protein yang tidak normal, yang biaa ditemukan di orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.
Menurunkan Berat Badan
Selain itu, kopi bisa membantu Anda menjaga--atau bahkan menurunkan--berat badan Anda. Para peneliti juga menemukan bahwa biji kopi hijau yang dijadikan sebagai suplemen bisa membantu untuk menurunkan berat badan, yaitu sekitar 17 pon pada wanita gemuk selama 22 minggu. Namun, para peneliti meyakini bahwa yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan bukan kandungan kafeinnya, tapi asam klorogenat yang bisa membantu mengurangi penyerapan glukosa.

4 Cara Cantik Menikmati Kopi Selain Diminum

Pasti banyak dari sahabat Vemale yang menggemari minuman penghilang kantuk ini. Karena banyak pekerjaan, kopi jadi teman paling setia Anda untuk lembur dan mata tetap stand by. Atau tidak jarang juga Anda memesan kopi saat sedang meeting atau sekedar nongkrong cantik bersama teman-teman.
Ternyata kopi bisa dinikmati dengan cara lain lho, ladies. Selain diminum, ternyata kopi juga bisa dinikmati dan dimanfaatkan untuk beberapa hal. Nah, untuk Anda yang hobi ngopi, siap-siap untuk tidak membuang ampas dari kopi yang Anda minum karena ternyata kopi memiliki banyak fungsi. Apa saja?
Mengangkat sel kulit mati
Ternyata, ampas yang selama ini kita benci bisa kita gunakan untuk hal lain. Jika tahu manfaat yang satu ini, Anda mungkin akan sayang untuk membuangnya. Ya, ampas dari kopi ini ternyata bisa digunakan untuk scrub wajah dan badan. Plusnya, ampas kopi ini bisa membantu Anda menghilangkan sel kulit mati, khususnya pada area lutut dan siku.
Untuk wajah, ampas kopi ini sangat berguna untuk menghilangkan kantung mata dan akan membuat kulit Anda lebih kencang dan segar. Caranya mudah, pakai ampas kopi sebagai pengganti scrub. Tambahkan gula jika Anda ingin mendapatkan tekstur yang lebih kuat.
Pertumbuhan rambut
Dengan menggunakan ampas kopi, ternyata ini bisa membantu Anda untuk menumbuhkan rambut. Jika selama ini Anda bingung mencari shampoo atau conditioner agar rambut cepat tumbuh, ampas kopi bisa menjadi salah satu solusinya. Caranya mudah, pijat kepala dengan ampas kopi. Ini akan menstimulasi folikel rambut agar bekerja lebih keras. Ditambah lagi, rambut juga akan harum lho.
Mengurangi selulit
Duh, siapa yang tidak sebal dengan adanya selulit. Jadi bingung harus memakai baju apa karena selulit kadang muncul di daerah yang ingin kita tonjolkan seperti bawah lengan dan paha. Caranya mudah saja, Anda cukup menggosok-gosokkan ampas kopi pada bagian yang Anda inginkan. Bahkan, menurut Organic Authority, jika Anda mengkombinasikan jahe, anggur dan ampas kopi, kulit Anda akan lebih halus.
Mempertajam warna rambut
Jika selama ini Anda merasa warna rambut Anda terlalu kusam dan tidak menarik, Anda bisa lho menggunakan ampas kopi untuk membuat warna rambut Anda lebih tajam. Bilas rambut Anda dengan kopi, akan lebih baik jika kopi yang Anda gunakan adalah kopi murni.
Nah, itu adalah beberapa tips yang  kumpulkan untuk Anda pecinta kopi. Jadi, selain nikmat diseduh di malam hari yang dingin, kopi juga memiliki manfaat untuk tubuh ya. Selain dikenal kaya dengan antioksidan, ternyata kopi juga punya manfaat cantik lain ya? Sudah siap untuk ngopi hari ini?

10 Fakta Tentang Kopi

Berikut ada 10 fakta tentang minuman kopi
1. Kafein bisa membunuhmu
Terutama jika kamu sangat manikak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.

2. Kopi bisa juga baik buatmu
Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

3. kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

4. Kafein bisa mengurangi rasa sakit
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

5. Kafein bisa bikin kita begadang
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

7. kopi dekafein menggunakan bahan kimia
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.

8. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit
Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

9. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya
Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

10. Kopi ditemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi.

Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif yang lebih banyak daripada efek negatifnya. Berikut ini beberapa manfaat unik yang bakal Anda dapatkan dari mengonsumsi kopi.


Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa, para penikmat kopi tanpa gula memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Menurut sebuah hasil penelitian, wanita menopause yang minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hinga 50 persen.

Peneliti dari Huazhong University of Scince and Technology menemukan sedikitnya tiga kandungan senyawa alami terkandung dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa inilah yang berjasa menangkal perkembangan racun dari protein terkait risiko diabetes tipe 2.
Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, namun senyawa dalam kopi bekerja untuk mencegah proses produksi sel insulin dari kehancuran. Bahkan, manfaat kopi decaffein (kopi dengan kadar kafein rendah) bekerja lebih baik menurunkan risiko diabetes tipe 2.
Konsumsi kopi juga meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki jenis tertentu dari mutasi genetik.

Melawan sel kanker
Menurut Prof. Takayuki Shibamoto, ahli toksikologi lingkungan dari Universitas California, Amerika, menyatakan kopi yang baru diseduh akan memproduksi antioksidan yang penting untuk kesehatan. Para peneliti mengatakan bahwa antioksidan dapat merusak DNA dan membran-membran sel sehingga dapat menyebabkan kanker.
Pada tahun 2011, peneliti Harvard menemukan bahwa perempuan yang minum beberapa cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium (kanker rahim).
Penelitian lain pada tahun 2011 di Harvard menunjukkan, pria yang mengkonsumsi 6 cangkir kopi sehari, memiliki 60 persen lebih rendah terkena kanker prostat, dan 20 persen lebih rendah terkena jenis dari kanker prostat.
Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya juga mengaitkan minum kopi dengan penurunan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, seperti senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menurunkan penanda untuk proses kerusakan peradangan.
Methylpyridinium, senyawa antioksidan yang sangat aktif karena proses pemanggangan biji kopi, ditemukan hampir dalam semua kopi. Bahkan espresso memiliki 2-3 kali jumlah senyawa antikanker.

Menurunkan risiko demensia
Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Tetapi para ilmuwan belajar lebih banyak tentang faktor risiko demensia dan kebiasaan minum kopi hangat tampaknya dapat menurunkan risiko.
Orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi sehari 65 persen lebih rendah untuk mengembangkan demensia. Para peneliti percaya sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit kronis yang meningkatkan risiko demensia.
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif. Ada juga kemungkinan bahwa peminum kopi memiliki lebih banyak energi dan bergerak lebih. Peneliti menunjukkan bahwa olahraga juga merupakan pelindung terhadap demensia.

Melindungi dari penyakit Parkinson
Kopi membantu menurunkan risiko penyakit Parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah dari Parkinson, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi atau sedikit minum kopi.
Awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari parkinson. Namun, sebuah riset menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya melindungi penikmat kopi dari serangan penyakit Parkinson.

Cegah risiko depresi
Menurut sebuah hasil penelitian, mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko depresi. Para peneliti dari Harvard School of Public Health melaporkan, orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sementara orang yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.
Ada juga beberapa bukti bahwa kopi melindungi pria dari depresi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan mood meski dalam jangka pendek. Para peneliti Harvard juga melihat penurunan serupa pada orang depresi yang mengonsumsi minuman ringan berkafein.
 
BACA JUGA :