CARA ATASI INSOMNIA

Insomnia , banyak dianggap oleh masyarakat umum sebagai sulit tidur di waktu malam adalah siksaan bagi semua orang. Meski badan sudah diletakkan di kasur, mata tak juga bisa terpejam. Tik-tak jam di dinding yang bergulir dari menit ke menit seolah terasa berabad-abad.Kondisi sulit tidur atau yang populer disebut dengan istilah insomnia ini kerap membikin frustasi.


Cara Menyembuhkan Insomnia 
Cara Menyembuhkan Insomnia Kebanyakan orang yang mengalami susah tidur atau insomnia ini lebih sering menggunakan atau mengkonsumsi obat tidur. Sebenarnya, ada cara lebih efektif untuk bisa menghilangkan insomnia tanpa melibatkan penggunaan obat-obatan. Dr. Gary Zammit, Direktur Sleep Disorder Institute dari Saint Luke’s Roosevelt Hospital telah memperkenalkan terapi yang dapat membantu menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

Ada baiknya Anda juga melatih diri tentang teknik-teknik yang mampu mengurangi stress, seperti yoga, meditasi atau relaksasi. Penatalaksanaan insomnia sejak dini akan membantu kesulitan tidur akibat psikis. *Bermacam teknik pengobatan dan Cara Menyembuhkan Insomnia yang dipercaya membantu mengatasi insomnia. Metode-metode itu dilakukan di bawah pengawasan para ahli. Seringkali mereka mengkombinasikan beberapa metode, diantaranya :
  1. Menerapkan pola tidur sehat merupakan kebiasaan tidur yang baik.
  2. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pagi pada jam yang sama pula, apapun dan bagaimanapun kondisinya.
  3. Menghindari tidur pada siang hari
  4. Tidak mengkonsumsi kafein dan nikotin, serta menghindari alkohol.
  5. Pastikan sebelum tidur, perut dalam keadaan cukup kenyang atau tidak terlalu lapar, agar membantu untuk tidur yang nyenyak.
  6. Buatlah suasana yang nyaman mulai dari kamar tidur anda, tempat tidur hingga suhu dalam kamar tidur yang membuat anda merasakan rileks dan tidur dengan nyaman.
  7. Jika perlu matikan lampu saat tidur untuk membantu mata lebih cepat terpejam.

*Cara menyembuhkan insomnia secara alami adalah dengan melakukan cara dibawah ini :
* 1. Konsumsi suplemen  
Cara menyembuhkan insomnia akut dengan mengonsumsi suplemen yang bisa membantu mengatasi masalah susah tidur. Misalnya beberapa suplemen tersebut adalah L-tryptophan dan 5-hydroxytrytophan (5-HTP).

2. Pemijatan dan melakukan terapi fisik 
Cara menyembuhkan insomnia dengan melakukan teknik pemijatan dan melakukan terapi fisik juga sangat dipercaya untuk membuat tubuh tetap dalam keadaan santai dan lebih rileks serta bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.


Beberapa penelitian dan studi menyebutkan bahwa pemihatan dengan menggunakan minyak esensial seperti minyak lavender bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu menstabilkan kondisi mood, dan meningkatkan kapasitas mental serta membantu mengurangi kegelisahan yang terjadi. Dan dalam suatu studi atau penelitian terbaru yang dilakukan,

 orang yang menjalani atau melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak lavender maka akan merasakan rasa gelisahnya menjadu berkurang dan menjadi merasa lebih nyaman dibandingkan mereka yang memijat namun tidak dengan menggunakan minyak.

1. Pencatatan waktu tidur
 Cara menyembuhkan insomnia tanpa obat adalah dengan membuat suatu catatan dari kebiasaan tidur malam atau tidur setiap harinya. Dan termasuk salah satunya adalah banyaknya tidur, berapa lama yang dibutuhkan sampai kita terlelap. Kualitas tidur, dan juga gangguan yang terjadi selama beberapa hari serta sejauh mana terapi ini berhasil pada mood dan tingkat stres yang dialami.

2. Sebaiknya jangan minum minuman yang bisa merangsang masalah susah tidur insomnia. 
Minuman seperti kafein dan alkohol sebaiknya dijauhi sebelum waktu menjelang tidur, jika Anda ingin minum kopi, maka minumlah siang hari dan jangan diatas jam 2 siang.

3. Teknik relaksasi 
Cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan teknik relaksasi. Teknik relaksasi progresif misalnya seperti meditasi, yoga, hipnotis atau juga biofeedback yang bisa mematahkan terjadinya putaran kesulitan tidur. Caranya adalah dengan mengurangi perasan gelisah yang menjadi penyebab dari susah tidur. Dan salah satu studi atau penelitian yang dilakukan pada terapi ini adalah bertujuan untuk mengurangi kesulitan tidur yang terjadi, meningkatkan waktu saat tidur dan juga mengurangi waktu terjaga pada seseorang di malam hari saat tengah tidur.

4. Jangan khawatir Jika Anda ingin tidur, maka sebaiknya jangan membawa rasa khawatir Anda ke dalam tidur. Jalani hidup dengan cara yang baik dan ambillah keputusan yang tidak akan mengganggu waktu tidur Anda. Jika Anda melakukan suatu kebaikan di sepanjang hari, maka cobalah untuk tidak usah khawatir.

5. Minum air hangat 
Minum air hangat disore hari bisa membantu untuk mengendurkan otot-otot Anda. Dengan minum segelas susu hangat akan membuat Anda menjadi lebih santai, dan pastinya Anda harus menjauhi kopi, teh, rokok, dan jenis perangsang yang lainnya. Karena keadaan insomnia akan menjadi semakin parah. Selain itu,

buatlah lingkungan sekitar saat Anda hendak tidur menjadi tempat yang nyaman untuk Anda agar mencegah terjadinya penyebab insomnia .


Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya –
Gangguan susah tidur adalah masalah yang tidak jarang banyak dialami oleh masyarakat luas. Banyak penyebab yang menjadikan masalah susah tidur ini sering dialami oleh penderita. Padahal keesokan harinya mereka harus beraktivitas kembali dan harus kembali pada kondisi yang pulih.

Penyebab insomnia dan cara mengatasinya
 perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab yang menjadikan masalah ini datang. Jika masalah insomnia disebabkan karena masalah psikologis seperti stress atau karena kecemasan yang terjadi secara berlebihan yang menjadikan Anda sulit untuk tidur dengan pulas, maka hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan membuat diri Anda tenang terlebih dahulu dan tidak memikirkan segalanya secara berlebihan. 
Namun sayangnya untuk mendapatkan ketenangan ini sangat sulit, oleh sebab itulah kadang si penderita membutuhkan psikiater atau obat-obatan. Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya 
*Penyebab insomnia dan cara mengatasinya adalah dua hal yang saling berkaitan erat.* Karena segala sesuatunya pasti ada sebab dan pasti aka nada cara untuk mengatasinya. Cara mengatasi insomnia yang disebabkan karena masalah sakit yang menyebabkan Anda menjadi sulit tidur karena rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit yang Anda alami, hal yang bisa Anda lakukan adalah mengatasi terlebih dahulu nyeri yang Anda rasakan. Lakukan pemeriksaan ke dokter dan konsultasikan apa yang Anda keluhkan. /Penyebab insomnia dan cara mengatasinya dengan menerapkan cara tidur yang baik dengan membuat jadwal terlebih dahulu setiap malam dengan waktu tidur yang sama./ Dan pastikan tempat tidur Anda dalam keadaan yang sesuai dengan keinginan Anda agar Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan berkuantitas. Jika Anda ingin mengonsumsi obat-obatan untuk tidur, lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Karena terdapat beberapa peraturan yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi obat tidur. Obat tidur insomnia yang akan dipakai untuk jangka panjang harus melalui hal yang bertahap. Pemberian dosis juga perlu dimulai dari dosis yang paling rendah terlebih dahulu.

Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein yang tinggi misalnya adalah kopi. Gantilah minuman Anda dengan teh herbal, karena teh herbal dipercaya bisa memberikan ketenangan. Penyebab insomnia dan cara mengatasinya adalah

jika penyebabnya karena kelelahan, maka Anda bisa melakukan olahraga yoga. Yoga merupakan salah satu teknik yang sudah dikenal sejak ribua tahun yang lalu. Dan prinsip dari yoga adalah berdasarkan penciptaan dari keselarasan tubuh, jiwa, dan pikiran. Dan mempraktekan teknik yoga dengan teratur maka bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bisa membantu cara menyembuhkan insomnia.


*Selain itu cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan minyak esensial adalah minyak lavender.* Lavender merupakan bunga yang tumbuh dibagian daratan Eropa dan juga Amerika Utara. Bau yang kuat dan harum dari bunga lavender ini bisa ditambahkan ke dalam salad yang bisa membantu menggantikan daun mint. Dan selain itu, minyak esensial lavender digunakan agar bisa mengatasi masalah susah tidur atau penyakit insomnia, mengatur detak jantung, dan juga cara menyembuhkan insomnia. Lavender juga bisa dikonsumsi dalam bentuk air ramuan seduhan dan juga minyak lavender bisa dioleskan pada bagian kulit atau bisa digunakan ke dalam air mandi.

*Cara menyembuhkan insomnia dengan alami lainnya adalah seperti dibawah ini :

* 1. Singkirkan semua pikiran yang bisa menjadi pemicu dari susah tidur insomnia. Hindari suara yang bising dan tidur dalam keadaan tenang. Buatlah suasana kamar Anda menjadi agak gelap dengan cara mematikan lampu. Usahakan membuat kamar tidur Anda sejuk dengan udara yang cukup dan segar. Pilihlah tempat tidur yang sesuai dan gunakanlah selimut tipis yang cukup untuk membuat tubuh menjadi hangat.

2. Jika Anda masih belum bisa tidur, maka cara menyembuhkan ambeien adalah dengan mengalihkan perhatian dan jangan terlalu fokus pada satu titik. Lakukan untuk sementara waktu dan Anda bisa juga mengerjakan pekerjaan yang ringan seperti membaca buku dan mencatat ide yang keluar sampai rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya.

3. Minumlah 1 gelas susu hangat sebelum Anda tidur. Hal ini bertujuan untuk cara menyembuhkan insomnia agar bisa tidur dengan lebih mudah dan bisa memperdalam tidur Anda.

4. Menggerakkan badan dengan ringan dan teratur untuk bisa membuat tidur lebih cepat. Namun, jangan sampai melakukan hal yang menimbulkan rasa lelah berlebihan karena malah akan mengganggu irama pada organ tubuh dan menjadi suatu hal yang rutin.

5. Jangan tidur siang. Tidur siang dengan lama akan membuat Anda terjaga lebih lama di malam hari dan mengurangi kualitas kebutuhan tidur Anda di malam harinya.

6. Selain itu, cara menyembuhkan insomnia dengan memposisikan diri Anda dengan posisi yang bisa membuat Anda nyaman.

 Tidur yang pulas dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan kita. Kurangnya waktu tidur berarti berkurang pula waktu tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh, mengakibatkan kekebalan tubuh menurun, mudah tersinggung dan pikiran menjadi lelah dan bebal sehingga mengurangi produktivitas dalam bekerja. Lebih buruk lagi, kurang tidur akan mempercepat proses penuaan.

Insomnia dapat terjadi karena beberapa hal, ada yang disebabkan oleh bergesernya waktu tidur (tidur larut malam dan bangun siang) dan ada pula yang sama sekali tidak bisa tidur karena banyak pikiran atau sedang mengalami masalah yang berat.

*Salah satu terapi penyembuhan insomnia salah satunya adalah dengan berlatih yoga sebelum tidur.* Ini akan memeras semua ketegangan dan membuat tubuh menjadi cukup letih dan mudah tertidur. Terapi Penyembuhan Insomnia Terapi Penyembuhan Insomnia Namun hati-hati, telalu lelah sebelum tidur juga kurang baik karena akan membuat pikiran lelah dan otot-otot pegal saat bangun tidur./Oleh sebab itu, tidak disarankan berlatih yoga sebagai salah satu terapi penyembuhan insomnia dengan keras dan terlalu dekat dengan waktu tidur./

Berlatih minimal 2 jam sebelum tidur dengan rangkaian yang lembut akan menciptakan suasana pikiran yang lebih tenteram sebelum beristirahat ke peraduan. Sebelum melakukan terapi penyembuhan insomnia, ada baiknya kita mengetahui jenis insomnia. Insomnia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :

1. Insomnia primer (insomnia menahun yang tidak berkaitan dengan berbagai stress)

2. Insomnia sekunder (insomnia yang disebabkan oleh kecemasan, obat, depresi atau stress). *Hal-hal yang penyebab insomnia antara lain :* 1. Higienitas tidur yang kurang
2. Kekhawatiran tidak dapat tidur
3. Terlalu banyak mengonsumsi caffeine
4. Banyak minum alkohol sebelum tidur
5. Merokok sebelum tidur
6. Terlalu lama tidur siang
7. Jadwal tidur yang tidak teratur

*Dibawah ini merupa

kan terapi penyembuhan insomnia adalah :
* 1. Buat jadwal teratur waktu tidur dan bangun
2. Jangan minum obat-obatan tanpa resep dokter
3. Jangan tidur siang terlalu lama
4. Jangan makan terlalu bnayak sebelum tidur
5. Minum susu atau herbal tea sebelum tidur
6. Mandi dengan air hangat sebelum tidur
7. Hindari minuman beralkohol dan minuman yang banyak mengandung caffeine
8. Pakai selimut dari bahan serat alami
9. Membaca buku-buku yang ringan
10. Menonton acara televisi yang ringan

*Cara menyembuhkan insomnia alami dengan mengonsumsi ramuan alami 
untuk mengatasi insomnia adalah :

* Bahan : Daun asam jawa secukupnya pemakaian :

 Daun asam jawa dikeringkan, kemudian digunkan sebagai bahan pengisi bantak. Pada saar tidur, gunakan bantal ini. Cara menyembuhkan insomnia dengan cara menghindari tidur dengan waktu berlebihan atau juga berbaring di ranjang dalam waktu berlama-lama walaupun Anda sudah terjaga. Karena kelebihan waktu tdiur malah akan membuat tidur Anda menjadi tidak terbagi, tidak menyegarkan tubuh dan akan cenderung lebih membuat Anda menjadi emosional.

Yang paling penting adalah, kelebihan tidur akan membuat pemicu dari insomnia susah tidur di malam hari. Selain itu, tidur siang mungkin untuk beberapa orang sangat bermanfaat, karena membuat Anda menjadi lebih fresh. Hal ini biasanya cocok untuk mereka pekerja shift malam, ibu hamil, dan orang yang sedang penyembuhan suatu penyakit. Banyak mereka yang menderita insomnia akan menghabiskan waktu yang terlalu lama di tempat tidur. Mungkin penyebabnya adalah karena perkiraan yang berlebihan dari kebutuhan waktu tidur mereka sehari-hari, atau bisa juga dikarenakan mereka mengira bahwa dengan menghabiskan waktu tambahana di tempat tidur akan membuat kondisi susah tidur insomnia menjadi lebih aik.

Padahal malah akan membuat tidur mereka menjadi terputu-putus, waktu tidur mereka menjadi sama namun dengan periode yang lebih lama lagi.

Cara menyembuhkan insomnia dengan melakukan meditasi. Meditasi merupakan salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk membantu menenangkan pikiran Anda, dan selain itu bisa membantu mengarahkan konsentrasi pada suatu elemen untuk cara menyembuhkan insomnia sehingga agar lebih jauh dari kecemasan. Dan saat sedang memulai meditasi, maka Anda membutuhkan seorang praktisi atau juga pemandu. Meditasi ini sangat direkomendasikan untuk masalah susah tidur.

*Beberapa keuntungan yang dihasilkan dari meditasi adalah :
* 1. Mengurangi terjadinya kegelisahan dan juga stres

2. Membantu untuk mengeksplorasi emosi yang ada di dalam kondisi fisik Anda.

3. Selain itu memperdalam alam spiritual sehingga akan menimbulkan suatu keselarasan dan juga kesatuan antara pikiran, tubuh dan juga jiwa. Selain itu Anda bisa melakukan yoga sebagai salah satu cara menyembuhkan insomnia.

Cara menghilangkan insomnia adalah Anda harus benar-benar rileks agar Anda bisa dengan mudah tidur dan sebaiknya yoga dilakukan 2 jam sebelum tidur atau sebelum makanmalam. Dan kapanpun Anda mempunyai waktu luang, agar membuat Anda menjadi lebih rileks, maka dengarkanlah musik yang lembut untuk membantu Anda agar lebih mudah bermeditasi.

 cara menyembuhkan insomnia Gejala Insomnia – Secara umum, orang menyebut insomnia sebagai gangguan tidur, berupa sulit tidur.

Definisi insomnia, ialah persepsi yang tidak adekuat tentang kualitas dan kuantitas tidur, dengan akibat yang terkait disiang hari. Keluhan yang paling jelas dikemukakan antara lain adalah sulit memulai tidur, sering terbangun dari tidur, sulit tidur lagi, setelah terbangun dimalam hari, cepat bangun di pagi hari.


*Sesuai definisi, gejala insomnia tersebut harus berhubungan engan gangguan disiang hari, misalnya keletihan, konsetrasi maupun memori terganggu dan sebagainya.* Namun hormon melatonin yang turun, antara lain karena radiasi elektromagnetik, juga dapat menimbulkan gangguan insomnia ini.

Gejala Insomnia Gejala Insomnia /Diagnosis banding penyebab insomnia dengan gejala insomnia mencakup gangguan neuropsikiatru seperti depresi, ansietasm demensia, juga penyalahgunaan obat, maupun gangguan irama sirkadian./ Sedangkan salah satu penyebab gangguan irama sirkadian yang menyebabkan orang sukar tidur adalah radiasi elektromagnetik.

Irama sirkadian yang terganggu, mengakibatkan seseorang terganggu irama bangun dari tidurnya. Insomnia memang tidak hanya berkaitan dengan radiasi elektormagnetik saja. Bahkan gangguan tidur ini sangat umum dijumpai pada mereka yang menderita suatu penyakit.

Sulit tidur dapat berkaitan dengan rasa nyeri, napas pendek, efek samping ibat. Penderita yang mengalami nyeri kronis juga sering mengalami kesulitan dalam mempertahankan keadaan tidur. Pendek napas atau sesak napas di malam hari bahkan menjadi penyebab gejala insomnia yang sering dari gangguan tidur.

Berkaitan dengan gejala insomnia, gangguan tidur yang kadang dapat dijumpai adalah Restless Legs Syndorme (RLS) atau Sindrom Tungkai Gelisah. Pravalensi kelainan ini tidak diketahui, karena sebagian besar tidak terdiagnosis oleh dokter. Namun diperkirakan sebesar 5% dari populasi umum.

Empat gejala dalam RLS adalah sebagai berikut :
1. Gangguan sensotik pada anggota bawah
2. Kegelisahan motorik pada anggota bawah 3. Gangguan lebih buruk waktu istirahat
4. Gejala lebih buruk pada malam hari /
Pertama, penderita merasa adanya gangguan sensorik pada anggota bawah yang dapat berupa rasa nyeri, atau rasa ada sesuatu yang menjalar, seperti semut berjalan./
Kedua, keluhan motorik umum, berypa penderita merasa kurang nyaman pada tungkainya. Ia merasa gelisah ditungkainya, misalnya perlu bergerak, atau bangkit dan jalan berkeliling.
Ketiga, gejala motorik dan sensorik atau bangkit dan jalan berkeliling.
Ketiga, gejala motorik dan sensorik ini lebih buruk bila orang yang bersangkutan beristirahan.
Keempat, keluhan ini lebih buruk dimalam hari. Secara umum,

penderita RLS mengeluh tidak dapat tidur, karena rasa tidak enak pada tungkai, atau perlu bangkit dan jalan dan tidak berbaring ditempat tidur.

Cara menyembuhkan insomnia dengan cara melakukan terapi pembatasan tidur. Terapi pembatasan tidur merupakan tetapi dengan cara mengukur berapa lama Anda tidur selama berbaring pada tempat tidur Anda. Jika Anda hanya mendapatkan waktu tidur selama 6 jam jam dan selama 8 jam berbaring ditempat tidur, maka hal ini merupakan normal, namun jika dibawah dari waktu tersebut maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter.

Cara menyembuhkan insomnia dengan melakukan terapi kontrol stimulus. Terapi kontrol stimulus dibangung dengan berdasarkan dari ide bahwa penderita insomnia biasanya akan menjadi tempat tidur sebagai tempat untuk bermalas-malasan dan bukan menggunakannya sebagai tempat untuk tidur. Karena itulah, salah satu rekomendasi dari terapu kontrol stimulus ini adalah segera bangun dari tempat tidur jam berapapun itu.

Teknik cara menghilangkan insomnia ini dilakukan dengan membuat penderita insomnia agar lebih terbiasa dengan pola tidur yang baru tersebut. Walaupun terapi perilaky ini memang cukup efektif sebagai cara menyembuhkan insomnia. Namun, cara menyembuhkan insomnia dengan cara seperti ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa berjalan dengan efektif.

Hal inilah yang sering membuat penderita penyakit insomnia menjadi tidak sabar. Karena yang mereka inginkan adalah penyembuhan yang cepat. Karena itu, mereka lebih memilih cara menyembuhkan insomnia dengan obat.

Cara menghilangkan insomnia dengan menggunakan bahan herbal juga bisa menggunakan obat hemeopati. Obat hemeopati merupakan obat herbal alami yang bisa membantu mengatasi insomnia. Obat-obatan hemeopati ini terbuat dari bahan yang alami dan tidak akan menimbulkan suatu efek samping berbahaya yang diberikan oleh obat tidur generik atau medis.

Dan salah satunya adalah kopi hemeopati. Cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan akar valerian, passionflower, dan hops. Jika obat herbal ini dikonsumsi dengan teratur sebelum Anda tidur dalam bentuk sediaan tablet dan juga teh maka bisa membantu mengobati insomnia. Herbal ini akan membantu memberikan efek sangat atau relaksasi yang bisa membantu membuat tubuh beristirahat dengan baik, namun tidak akan mempengaruhi sistem dari kerja saraf pusat misalnya yang dilakukan oleh obat tidur.

Penggunaan lemon balm untuk mengtasi insomnia juga bisa digunakan. Dan penggunaan daun lavender merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang bisa membantu menyembuhkan insomnia.

 Menurut survey dan penelitian di bidang kedokteran, sebagian besar para penderita insomnia merupakan orang yang sulit untuk rileks (santai) dan sering tidak bisa merasa tenang.*Menurut Sadhana (1986), beberapa langkah yang dilakukan dalam metode relaksasi ini adalah sebagai berikut

:* 1. Berdoa setiap saat akan tidur. Dengan berdoa kepada Tuhan untuk memohon ampun atas segala kesalahan dan agar diberikan ketenangan lahir dan batin, maka hati akan terasa tentram dan tenang.

2. Kemudian, pusatkan pikiran secara pasif ke pernapasan, rasakan gerakan udara yang keluar masuk melalui lubang hidung. Saat udara diisap dan masuk ke dalam paru-paru, pusatkan dan hayati rasa segar udara yang baru tersebut. Kemudian pada saat udara dihembuskan keluar, pusatkan pikiran pada keadaan tenang atau relaks.

3. Jangan mengatur atau memperdalam pernapasan, karena ini bukan merupakan latihan pernapasan, tetapi merupakan latihan ketenangan.

4. Pikiran sebaiknya diarahkan kepada pengertain bahwa “tidur bukanlah merupakan masalah, yang terpenting adalah istirahat dengan tenang”.

*Usaha-usaha lain yang berguna pula untuk membantu memepermudah tidur sebagai Cara Alami Menyembuhkan Insomnia adalah sebagai berikut :

* 1. Singkirkan sedapat mungkin faktor-faktor gangguan dari luar, yang dapat berupa :
a. Hindari suara berisik dan tidurlah dalam suasana yang tenang.
b. Buatlah kamar tidur agak gelap dengan mengurnagi cahaya lampu yang ada.
c. Usahakan agar suhu udara kamar sejukk dengan udara yang cukup
d. Pilih tempat tidur yang sesuai dan selimut tipis yang cukup menghangatkan badan.

2. Jika belum bisa tidur, alihkan perhatian sementara waktu dengan mengerjakan suatu pekerjaan ringan, misalnya membaca aatau mencatat ide-ide yang muncul, hingga merasa kantuk itu datang.

3. Sebelum tidur, dianjurkan untuk minum satu gelas susu hangat yang dapat membantu mempermudah dan memperdalam tidur.

4. Gerak badan ringan yang teratur dapat memudahkan tidur, tetapi hindarilah keletihan yang berlebihan karena justru dapat meengganggu irama organ tubuh yang rutin.

5. Jangan tidur siang, karena tidur siang akan mengurangi keletihan dan kebutuhan tidur pada malam harinya.

 Cara alami menyembuhkan insomnia adalah dengan menggunakan daun herbal mint. Kandungan volatil yang ada di dalam daun mint merupakan salah satu jenis minyak yang ada di dalam daun mint dengan manfaat untuk membantu membuat otot menjadi lebih rileks dan bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi sehingga bisa membantu cara menyembuhkan insomnia secara alami yang diakibatkan oleh hipertensi darah tinggi.

Selain itu, cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan daun mint yang bisa dibuat teh caranya adalah 5 gram daun mint kering diseduh dengan menggunakan 250 ml air. Untuk orang yang mempunyai masalahsusah tidur akibat dari pms atau sindrom pra menstruasi dan akibat dari penyakit anemia bisanya dikarenakan tubuh mereka kurang asupan mineral sehingga bisa diobati dengan menggunakan obat herbal.

Cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan biji pala. Biji pala mengandung senyawa myristicin yang mempunyai sifat untuk merangsang tidur. Untuk membantu mengobati insomnia, maka penggunaan biji pala untuk cara menyembuhkan insomnia adalah dengan diseduh seperti sedang menyeduh teh atau juga sup. Bisa juga dengan cara dicampurkan satu sendok teh biji pala satu atau juga dua tetes air dan kemudian dioleskan pada kening sebelum Anda tidur.

Cara menyembuhkan insomnia dengan menggunakan adas karena penyebab insomnia adalah gangguan sistem pencernaan. Cara membuat ramuan ini adalah rebuslah dua gram biji adas selama 15 menit dengan menggunakan 250 ml air. Kemudian dinginkan, dan setelah itu saringlah minum 3 kali dalam sehari.

Atau Anda juga bisa menggunakan teh chamomille yang bisa Anda minum 3-4 kali dalam sehari karena kandungan quercetin yang ada di dalamnya mampu untuk mengendurkan saraf. Ekstrak yang terkandung di dalam suplemen valerian sebanyak 1-10 gram juga sangat disarankan sebagai salah satu obat tidur karena mengandung kandungan gamma amino butyric acid atau GABA, dan semacam neurotransmitter untuk otak Anda. /

Selain itu, cara menyembuhkan insomnia dengan melakukan teknik akupuntur, pijat Cina, dan juga salah satunya adalah terapi herbal./ Karena akupuntur juga dipercaya sebagai salah satu cara jitu untuk cara menyembuhkan insomnia. Dan sejumlah laporan menyebutkan bahwa teknik akupuntur akan membantu penderita insomnia sebanyak 90%.

Selain itu juga teknik akupresur bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dari penderita insomnia akut dan membantu mengurangi kebiasaan mereka saat terbangun di malam hari.
Tips menyembuhkan insomnia dengan cara menari pola yang cocok untuk Anda disaat Anda tidur. Karena Anda perlu melakukan hal ini bersamaan dengan tugas rutin misalnya saat sedang menjelang tidur. Lakukanlah rutinitas sebelum Anda memutuskan untuk tidur, misalnya adalah dengan mengunci rumah, menggosok gigi, dan juga membaca buku. Serta melakukan rutinitas sebelum menjelang tidur merupakan salah satu cara yan dilakukan untuk memberitahukan mereka bahwa waktu tidur sudah akan datang.

 Selain itu perlunya menghindari jenis asupan makanan yang mengandung kafein setelah jam 2 siang, seperti teh, kopi, cokelat dan juga beberapa jenis cokelat. Biasanya kopi membutuhkan waktu selama 4-6 jam untuk bisa dicerna dengan baik di dalam tubuh. dengan kata lain adalah membutuhkan sekitar 12-14 jam untuk mencerna dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat Anda tidak bisa tidur di malam hari.

Makanan yang mengandung gula akan menjadi salah satu penyebab dari penyakit diabetes . Oleh sebab itulah perlunya menghindari jenis makanan yang mengandung olahan gula di malam hari hal ini disebabkan karena gula akan lebih mudah diserap di dalam tubuh dan membuat energi kita menjadi semakin bertambah yang akan membuat tubuh menjadi tidak cepat lelah. Dengan menyantap makanan yang mengandung gula sebelum tidur akan membuat Anda gelisah dan terjaga sepanjang malam. Anda bisa mengganti jenis minuman yang mengandung gula dengan segelas susu yang hangat sebelum memutuskan untuk tidur.
Hal ini merupakan salah satu pilihan yang baik. Hindari merokok sebelum tidur, karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok akan membantu untuk mengusir ngantuk dan bisa membuat Anda menjadi tidak mengantuk dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Karena itulah hindari rokok dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, cokelat serta minuman yang mengandung alkohol. Hindarilah semua jenis makanan dan bahan yang berbahan dasar nikotin minimal 4 jam. Dan lebih baik lagi jika diganti dengan susu hangat. Karena alkhol dan juga rokok akan membuat kenyamanan Anda menjadi terganggu saat tidur.

Alkohol memang akan membuat Anda lebih mudah mengantuk, namun kantuk yang didapat adalah bukan kantuk yang membuat Anda nyenyak, melainkan rasa lelah yang akan Anda rasakan di pagi hari saat sedang terbangun.

/Tips menyembuhkan insomnia secara alami dengan melakukan cara mengunyah seledri selama 15 menit sebelum Anda memutuskan tidur akan membantu Anda agar lebih cepat tidur. K/andungan senyawa alami yang ada di dalam seledri adalah phthalide yang bisa membantu untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan bisa menurunkan hormon penyebab stres.

Selain itu, cara menyembuhkan insomnia dengan alami adalah menggunakan sunflower seeds dan camilan ini merupakan camilan alami yang mengandung kandungan asam amino trytophan yang bisa membantu untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
 Cara menyembuhkan insomnia dengan makan sekitar 1 genggam dan dimakan 1 jam sebelum Anda tidur. Tips menyembuhkan insomnia secara tradisional dengan makan telur. Kuning telur mengandung lecithin, salah satu senyawa yang membantu menyehatkan sistem saraf. Dan studi-studi lain menunjukkan bahwa lecithin sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa dengan cepat membuat tidur pada penderita insomnia. Caranya adalah makanlah 1 buah telur 2 jam sebelum tidur.

Cara menyembuhkan insomnia dengan makan crackers. Crackers merupakan salah satu camilan tinggi yang kaya akan karbohidrat kompleks yang bisa membantu meningkatkan serotonin. Serotonin merupakan zat kimia otak yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur pada penderita insomnia. Itulah informasi mengenai insomnia dan tips menyembuhkan insomnia.
 SEMOGA BERGUNA......

BACA JUGA ;
  1. Sayang, Pijat, Yuk!
  2. Bisa Ratusan Gaya
  3. Urusan Seks, Siapa Bilang Perempuan Tak Boleh Agresif?
  4. Seni Bercinta ala Tibet
  5. Bermain Dadu Cinta
  6. VARIASI GAYA BERCINTA
  7. Seks Untuk Penderita Hipertensi & Kolesterol
  8. Strategi Mengkritik Di Atas Tempat Tidur
  9. Seksualitas Di Usia 30 tahun
  10. Sextrology: Cara Menemukan Api Gairah
  11. Hubungan seksual lebih nikmat dengan pria sunat apa tidak ?
  12. Seks, Obat Alami yang Menyehatkan
  13. Gerakan Terseksi Payudara Saat Bercinta
  14. Penyakit Herpes Menular, Hati-hati Jika ke WC Umum
  15. RAHASIA NIKMAT JIMAK WARISAN MELAYU
  16. Tips Melakukan Posisi Seks Women On Top
  17. Pesona Seks...Woman on Top
  18. Manfaat Pertengkaran Dalam Rumah Tangga
  19. Seks Menurunkan Risiko Terserang Stroke
  20. Posisi Seks yang Berkhasiat Sama Dengan Olahraga
  21. 24 Cara Penyegaran Seks